Posted in kafila

Kafila International Islamic School Jakarta: Quran, Science, Language (Old Version, Needs to be Revised)

Kafila International Islamic School adalah pesantren Islam yang berada di daerah Ciracas, Jakarta Timur. Didirikan secara formal pada 2006 dan pada 2016 telah meluluskan 5 angkatan. Kafila International Islamic School (Kafila IIS) diprakarsai oleh tim pendidik bekerjasama dengan seorang pengusaha dermawan bernama H. Abdullah Mas’ud

Kafila IIS adalah pesantren yang diprioritaskan untuk kaum dhuafa dan yatim, namun bukan berarti tidak membuka kesempatan bagi kaum aghniya/mampu. Pendidikan di Kafila IIS  berlansung dengan bantuan dana dari perusahaan-perusahaan milik H. Abdullah Mas’ud yang dinaungi oleh Yayasan Kafila Thoyyiba Jakarta. Di antaranya adalah:

  • PT. Oilrig Binamas Pratama di bidang pengeboran migas
  • PT. Sahara Kafila Tour di bidang tour dan travel
  • PT. Baasithu Boga Services di bidang tata boga dan katering

Dan Kafila IIS tidak berafiliasi dengan pemerintah maupun yayasan tertentu.

Kafila IIS membuka kesempatan bagi kalian semua para siswa SD Muslim–laki-laki di seluruh Indonesia untuk melanjutkan studinya tingkat SMP-SMA dengan full beasiswa 6 tahun.

Kafila.jpg
Visi dan Misi Kafila International Islamic School Jakarta

 

Kafila IIS adalah pesantren yang ber-manhaj (latar belakang) Ahlussunnah Wal Jamaah, yakni based on ajaran al-Quran dan Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Setiap tahunnya, Kafila IIS menerima 25 santri baru (kondisional). Sedikit sekali, ya? Namanya juga beasiswa penuh. Kafila IIS juga tidak menerima pindahan dan setiap santri wajib menempuh pendidikan selama 6 tahun. Nah, pada kesempatan ini, saya ingin menjelaskan secara ringkas apa, mengapa, dan bagaimana Kafila IIS.

Mengapa sekolah di Kafila IIS?

Lokasi Sangat Strategis

Lokasi Kafila IIS sangat strategis. Kalau kamu anak luar Jawa dan ingin mengunjungi Kafila, dari bandara Soekarno Hatta kamu bisa langsung naik DAMRI jurusan Kampung Rambutan, lalu sekitar 1-2 jam, kamu akan diantar sampai persis di depan gerbang Kafila IIS. Kebanyakan pesantren di Indonesia mengandalkan lokasi yang sangat pelosok (kalau istilah Ibu saya di ujung dunia) untuk mencari suasana, mungkin. Terkadang, lokasi yang terlampau jauh di pelosok terkadang tidak terlalu menguntungkan. Kasihan keluarga yang ingin menjenguk. Kita juga akses keluar masuk area pesantren-nya tidak mudah. Belum kalau kamu misalnya sakit parah harus di bawa ke rumah sakit dan rumah sakitnya jauh, lalu…. (lanjutkan sendiri).

gedung
Gedung sekolah Kafila International Islamic School Jakarta
thumb-futsal
Kafila Sport Center

Bisa dibilang, karena Kafila IIS berada di Jakarta, maka kemana-mana serba terjangkau.

  • Tidak perlu khawatir apabila kamu jatuh sakit. Di Kafila, tim kesehatan pesantren siap melayanimu. Apabila membutuhkan perawatan lebih, ada Rumah Sakit Harapan Bunda yang perjalanan ke sana bisa ditempuh dengan lima menit perjalanan naik angkutan kota (angkot), meskipun sebenarnya ada klinik 24 jam yang sangat dekat dengan pesantren. Selain itu, terdapat pula RSUD Pasar Rebo yang letaknya sedikit lebih jauh dan beberapa klinik kesehatan lainnya, khususnya buat kamu pengguna asuransi BPJS.
  • Ingin belanja keperluan? Gampang. Kan anak pesantren identik dengan keperluan pribadi seperti container, alat-alat kebersihan, alat mandi dan cuci baju, dsb. Di Kafila, ada Kafila Mart yang siap memenuhi kebutuhan mikro-mu. Kalau masih kurang, ada banyak minimarket di sekeliling Kafila. Bahkan, dengan perjalanan 10-20 menit angkot ada banyak sekali supermarket ternama, bahkan pusat grosir.
  • Hobi membaca? Sebagai thalibul ilm (penuntut ilmu), wajib rajin membaca, dong. Sekitar perjalanan dua puluh menit dengan angkot ada dua mal yang memiliki toko buku terkenal serta ada juga toko buku islami yang menjual kebutuhan-kebutuhan sehari-hari seperti minyak wangi, siwak, dan habbatussauda. Setiap tahun Kafila IIS juga selalu mengadakan kunjungan ke Islamic Book Fair di Istora Senayan.
  • Kalau kamu ingin menjalani salah satu olahraga yang dianjurkan Rasulullah ﷺ, yakni renang, maka ada dua kolam renang yang sangat terjangkau. Kafila IIS juga dekat dengan TMII, lho, kalau kamu jenuh dan ingin berwisata. Ragunan Zoo juga tidak jauh. Ada tempat lain mungkin untuk memenuhi kebutuhanmu? Masjid Agung At-Tiin yang megah juga dapat menjadi tempat shalat pilihan ketika sedang perizinan jauh.

    MAA.jpg
    Masjid Agung At-Tiin Jakarta Timur

Kurikulum

Di Kafila IIS, ada tiga aspek utama yang menjadi tolak ukur, yakni Al-Quran, Akademik, dan Bahasa Asing (sebagaimana judul artikel ini). Setiap santri diwajibkan untuk menghafal 10 juz ketika SMP dan 10 juz lagi ketika SMA. Kedengarannya mamang susah, ya. Ketika saya masih santri baru pun, saya malah berpikiran mustahil. Tapi tenang, ketika kamu masuk Kafila, kamu akan terbiasa. Menghafal Quran itu ternyata mudah bagi orang-orang yang Allah pilih.

thumb-praktik-labkom
Laboratorium Komputer
thumb-perpus
Perpustakaan
thumb-mikroskop
Laboratorium IPA
thumb-kbm
Ruang kelas

Di Kafila ada musyrif (guru) Al-Quran yang setia mendampingimu tiga kali sehari menghafal dan mengulang hafalan Al-Quran (murojaah). Mereka semua, tentu saja, hafiz 30 juz dan berlatar belakang diniyah yang baik dan kompeten.

Di bidang akademik, kamu akan mempelajari mapel yang dipelajari teman-temanmu di sekolah umum, seperti MIPA, Kebahasaan, Sosial, dsb. Tentu saja, ilmu agama (karena pesantren) ditambah porsinya. Kamu yang background-nya SDIT pasti kenal dengan Fiqh, Hadits, Aqidah, dll. Ilmu-ilmu itu akan kamu pelajari lagi lebih mendalam di Kafila IIS. Tenaga-tenaga pengajarnya juga cukup kompeten di bidangnya, Masya Allah.

Bahasa Arab dan Inggris adalah dua bahasa resmi sehari-hari di pesantren. Dua bahasa asing tersebut terumpun dalam bidang keasramaan. Di bidang keasramaan juga, kamu dituntut untuk mandiri. Dan justru keunggulan pesantren memang terletak di situ. Kafila IIS tidak menyediakan jasa laundry sehingga kamu harus pandai mencuci dan menyetrika baju-bajumu sendiri. Seperti anak-anak di boarding school lain, kamu pun harus mengurusi barang-barang pribadimu sendiri. Ada juga piket kebersihan yang diadakan setiap sore. Pokoknya, nggak rugi deh, toh manfaatnya akan kamu sendiri yang rasakan, terutama ketika kamu sudah dewasa nanti. Kamu tidak bergantung lagi pada orangtua, alias tidak menyusahkan lebih banyak, kan orangtua sudah membesarkan kita sejak kecil… masa harus terus menjaga kita hingga besar?

Kegiatan Sehari-hari

Agar lebih mudah, saya buatkan tabel, ya? Ini adalah kegiatan secara umum di Kafila IIS.

Waktu Kegiatan Keterangan
03.30 – 06.00 Bangun tidur, shalat malam, shalat Subuh, Tahfidzul Quran sesi I Tahfidz Subuh: wajib setoran 1 halaman baru
06.00 – 07.00 Persiapan sekolah dan beres-beres kamar
07.00 – 07.30 Kegiatan bahasa pagi Kosakata, nasehat, games interaktif, dsb
07.30 – 14.00 Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), diselingi istirahat 15 menit, shalat Zuhur, dan makan siang KBM seperti sekolah-sekolah Islam pada umumnya, ada pelajaran umum dan agama
14.00 – 15.30 Kegiatan pribadi Tidur siang, mencuci atau menyeterika pakaian, belajar, dll
15.30 – 16.30 Shalat Ashar, pembacaan hadits Nabi, dan kegiatan pribadi Ba’da Ashar biasanya diisi dengan mandi sore dan bersih-bersih lingkungan pesantren
16.30 – Maghrib Tahfidzul Quran sesi II Setoran murajaah (hafalan lama) atau menyelesaikan hafalan baru yang belum rampung ketika Subuh
Ba’da Maghrib – Isya Tahfidzul Quran sesi III Setoran murajaah atau acara-aca khusus seperti seminar al-Quran, haflah (syukuran)santri

 hafiz

Ba’da Isya – 20.30 Makan malam
20.30 – 21.30 (felksibel) Kegiatan bahasa malam Performace, kompetisi-kompetisi, muhadharah, watching dalam bahasa Arab/Inggris
21.30 – 23.00 (maksimal) Belajar mandiri dan kegiatan pribadi  
23.00 – 03.30 Istirahat  

Cukup padat, ya. Ini semua demi membiasakan diri kita untuk hidup teratur, disiplin, dan mandiri. Terkadang kebaikan itu memang harus dipaksa, atau lebih tepatnya, diperjuangkan. Nggak pantas kan seorang pemuda Muslim menjadi pribadi yang pemalas.

Tahfidzul Quran
Tahfidzul Quran
Acara Bahasa Malam
Acara Bahasa Malam
Antri makan
Antri makan
Gotong Royong
Gotong Royong
Kafila Masterchef
Kafila Masterchef
Kerja Bakti dengan Masyarakat
Kerja Bakti dengan Masyarakat
Percobaan Kimia Larutan
Percobaan Kimia Larutan
Astronomi - Menentukan Arah Kiblat
Astronomi – Kalibrasi Arah Kiblat
Seminar
Seminar

Persebaran Santri

Di Kafila IIS diberlakukan sistem kuota, yakni setiap kota/kabupaten di Indonesia hanya dapat diwakili maksimal 3 santri. Misalnya, di Kafila ada 3 orang santri yang duduk di kelas 7, 8, dan 9 yang berasal dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Oleh sebab itu, pada tahun mendatang, Kafila IIS tidak membuka pendaftaran untuk Makassar hingga ketiga santri tersebut lulus atau keluar dari Kafila IIS. Namun, aturan ini tidak berlaku untuk kamu yang berasal dari DKI Jakarta. Hanya DKI ya, tidak termasuk Bodetabek.

Daerah santri-santri Kafila, baik yang sedang maupun telah menjalani program studi, tersebar di kurang lebih 18 provinsi di seluruh Indonesia serta luar negeri, dengan asal daerah terjauh Banda Aceh, NAD di penjuru barat, Kendari, Sulawesi Tenggara di penjuru timur, Bontang, Kalimantan Timur di penjuru utara, dan Australia di penjuru selatan.

Berbeda-beda Tapi Tetap Satu
Berbeda-beda Tapi Tetap Satu
Berteman dalam Keragaman
Berteman dalam Keragaman
Best Friends Forever
Best Friends Forever
Limitless Camaraderie
Limitless Camaraderie
Diskusi
Diskusi
Togetherness
Togetherness
Togetherness di Kereta!
Togetherness di Kereta!
Saat Qurban
Saat Qurban
Togetherness
Togetherness

Program Tambahan

Secara singkat, di Kafila ada banyak ekstra, baik organisasi/komunitas, kulikuler (ekskul), maupun tim lomba. Saya sendiri pernah mendirikan suatu komunitas Bahasa Inggris. Di ekskul, saya sendiri pernah experience komputer, jurnalistik, dan tenis meja. Saya pun aktif di tim lomba bahasa Inggris dan olimpiade sains biologi. Matematika juga pernah. Ekskul-ekskul olahraga seperti futsal tentu ada. Plus, ada ekskul wajib beladiri Thifan. Yang jelas, kegiatan pengembangan diri di Kafila IIS amat beragam dan bisa menjadi ajang pengembangkan potensi non-akademismu.

Bagi santri yang membutuhkan konsultasi belajar, guru-guru menyediakan klinik belajar pada waktu yang disepakati bersama. Sesekali juga diadakan kegiatan outbond atau jelajah alam agar para santri dapat lebih menadabburi nikmat Allah pada bumi yang jelita ini 🙂 .

Latihan Dasar Kepemimpinan Santri
Latihan Dasar Kepemimpinan Santri
Bela diri Thifan
Bela diri Thifan
Pengurus OPKIIS (Organisasi Pelajar Kafila IIS)
Pengurus OPKIIS (Organisasi Pelajar Kafila IIS)
Debat Bahasa Inggris
Debat Bahasa Inggris
Observasi Lingkungan
Observasi Lingkungan
Ke Masjid Kubah Emas
Ke Masjid Kubah Emas
Outbond
Outbond
Games Outbond
Games Outbond
Future Warriors!
Future Warriors!

Prestasi

Alhamdulillah, meskipun rutinitas kegiatan sangat padat, para santri penghafal Quran ini juga tak kalah saing dengan mereka yang berasal dari sekolah-sekolah umum, bahkan di bidang-bidang umum non-diniyyah.

Kafila IIS bertahan sebagai MTs terbaik pada Ujian Nasional tingkat DKI Jakarta sejak 2010 hingga sekarang. Beberapa santri dengan NEM terbaik bahkan berkesempatan untuk menerima hadiah langsung dari Kementerian Agama serta Pemerintah Provinsi.

Di bidang Matematika dan Sains pun, para santri pun terus menorehkan piala dan medali setiap tahunnya, rata-rata level nasional, terutama pada ajang Kompetisi Sains Madrasah Nasional.

Bidang bahasa asing pun tak kalah. Saat ini, prestasi tertinggi yang ada di Kafila IIS adalah perolehan seorang santri di Asian English Olympics 2015. Ia meraih Gold Medal dan penghargaan khusus ‘Best High School’ untuk bidang Spelling BeeTim bahasa Arab bahkan lebih hebat lagi dengan mempertahankan predikat juara umum di berbagai kompetisi selama bertahun-tahun.

Dan tentu saja, karena sekolah tahfidzul Quran, penghargaan Musabaqah Hifzdil Quran adalah yang mendominasi di Kafila IIS. Penghargaan tertinggi dalam bidang ini adalah Juara 1 MHQH Prince Sulthan cabang 15 Juz se-Indonesia pada 2011 serta Juara 2 MHQH yang sama cabang 20 Juz (2015) dan 15 Juz (2016) se-Indonesia.

Masya Allah tabarakallah….

UN terbaik
Peraih NEM UN Tertinggi se-Provinsi
Emas Fisika
Emas Fisika
Medalis bidang Bahasa dan Seni
Medalis bidang Bahasa dan Seni
Perunggu Geografi
Perunggu Geografi
Emas + Best Eksplorasi Matematika dan Perak Biologi
Emas + Best Eksplorasi Matematika dan Perak Biologi
Juara MHQ Internasional
Juara MHQ Internasional
Juara Umum 4 Kali Olimpiade Bahasa Arab
Juara Umum 4 Kali Olimpiade Bahasa Arab Se-Jawa

Alumni

Pada 2016, Kafila baru meluluskan 5 angkatan. Alhamdulillah, meskipun masih muda, salah saeorang santri dapat tembus meraih beasiswa di Umm al-Qura University Makkah, KSA. Selebihnya, rata-rata meneruskan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Swasta atau Syariah (PTS) yang ada di Indonesia. Saat ini, para alumni telah berhasil menduduki beberapa top PTN di Indonesia (ditandai bintang):

UNIV.jpg

 

 

Sedangkan PTS dengan jumlah alumni Kafila IIS terbanyak ada Lembaga Ilmu Pendidikan dan Ilmu Bahasa Arab (LIPIA) Jakarta, sekolah tinggi cabang Jami’ah Muhammad bin Su’ud Riyadh, KSA.

wisudawan
Wisudawan Angkatan II Kafila International Islamic School Jakarta

 

Nah, itu dia teman-teman, sekelumit hal yang perlu kamu ketahui tentang Kafila IIS yang Masya Allah luar biasa ini. Tentunya, terdapat banyak kekurangan pada tulisan saya ini. Maka dari itu, saya meminta masukan teman-teman pembaca.

Nah, apabila kamu punya pertanyaan, jangan ragu bertanya! Silahkan komen di bawah atau email saya di daffaalfalahauba@gmail.com. Saya akan dengan sangat hati menjawab, Insya Allah. Pesantren kami memang belum tersohor, namun kami percaya, dengan kamu masuk ke sini, Insya Allah, kualitasmu ke depan akan terjamin. Kalau kamu masih penasaran tentang sejarah Kafila serta detail-detail dari pemaparan singkat saya di artikel ini, silahkan mengunjungi kafila.or.id dan hubungi via telepon/email.

Pembelajar Selamanya
Pembelajar Selamanya
SUKSES!
SUKSES!

Bersiaplah untuk menjadi pemuda Muslim yang Excellent, Progressive, and Rewarded!’* (semboyan Kafila).

 

Advertisements

Author:

Kepahiang'99 - Bengkulu'08 - Jakarta'10 - Bandung'16 Just a piece of unimportant world's matter

8 thoughts on “Kafila International Islamic School Jakarta: Quran, Science, Language (Old Version, Needs to be Revised)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s